Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Jalur Mandiri 2023

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) merupakan seleksi masuk Universitas Airlangga yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Airlangga untuk jenjang Sarjana dan Vokasi.

Jalur SMUA di Vokasi yang meliputi Sarjana Terapan (ST) dan Diploma Tiga (D3) ada 2, sebagai berikut:

  1. Jalur UTBK dan TKA
    • SMUA UTBK dan TKA merupakan jalur seleksi Mandiri Universitas Airlangga menggunakan nilai UTBK-SNBT 2023 dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Universitas Airlangga.
    • Nilai UTBK-SNBT 2023 untuk mendapatkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, dan Bahasa Inggris, sedangkan TKA digunakan untuk mendapatkan nilai Saintek atau Soshum (sesuai dengan pilihan kelompok ujian).
    • Kelompok ujian Saintek terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika, sedangkan kelompok ujian Soshum terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi.
    • Persyaratan Khusus: Memiliki nilai UTBK-SNBT tahun 2023
  2. SMUA Reguler Ujian Tulis
    • SMUA Reguler Ujian Tulis merupakan jalur seleksi Mandiri Universitas Airlangga menggunakan Tes Tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga.
    • Materi Tes terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari Saintek atau Soshum. Materi TPA terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Materi TKA Saintek (kelompok ujian Saintek) terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Matematika, sedangkan materi TKA Soshum (kelompok ujian Soshum) terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Bahasa Inggris, dan Matematika.
    • Ujian Tulis menggunakan Computer Based Tes (CBT) yang diselenggarakan di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

Informasi selengkapnya ada di website : https://ppmb.unair.ac.id/