Implementasi Otomasi Digital Library Inlislite di Perpustakaan SMAM 1 Taman Sidoarjo

Otomasi digital library berupa Inlislite telah diimplementasikan di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo.

SMA Muhammadiyah 1 Taman adalah sekolah Islam terakreditasi “A” yang dimana menjadi tempat bagi mahasiswa D3 Perpustakaan bernama Akhmal Wahyu Setyawan untuk magang dan bernostalgia.

Hal itu dikarenakan Akhmal Wahyu Setyawan yang sering dipanggil Akhmal  sendiri merupakan alumni SMA Muhammadiyah 1 Taman tahun 2020.

Di kesempatan kali ini Akhmal Wahyu Setyawan melakukan magang Universitas selama 3 bulan 60 hari yang dimana mulai dari tanggal 6 Februari hingga 25 Mei 2023.

Akhmal sendiri melakukan berbagai solusi karena SMA Muhammadiyah 1 taman sendiri memiliki kendala yakni di Sistem Otomasi.

Sistem Otomasi perpustakaan atau Library Automation sendiri adalah penerapan mesin-mesin komputer untuk semua kegiatan perpustakaan mulai dari pengadaan, pengolahan, sampai ke layanan sirkulasi.

Bisa juga Otomasi Perpustakaan diartikan dengan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi (TI).

Dengan bantuan teknologi informasi maka beberapa pekerjaan manual dapat dipercepat dan diefisienkan.

Selain itu proses pengolahan data koleksi menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusur kembali.

Sehingga para pustakawan dapat menggunakan waktunya untuk mengurusi pengembangan perpustakaan,

karena beberapa pekerjaan yang bersifat berulang sudah diambil alih oleh Komputer.

Jenis Sistem Otomasi yang di pilih Akhmal sendiri adalah Inlislite yang menurutnya mudah di akses dan dioperasikan,

namun tahap tersebut masih tahap Localhost yang dimana bisa di akses tanpa Internet/Koneksi.

Setelah berdiskusi dengan dosen pembimbing Akhmal bersama pustakawan mulai mempersiapkan dan merencanakan Inlislite sebagai Otomasi Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Taman.

Wacana pustakawan ingin mengganti sistem otomasi tersebut karena pada saat menggunakan Slims, pustakawan banyak menemui error pada saat pengoperasian.

Maka dari itu pustakawan ingin menggunakan Inlislite untuk memudahkan para siswa dan guru dalam menemukan koleksi yang di inginkan,

bukan hanya koleksi namun pustakawan juga memerlukan  media Inlislite untuk display buku baru yakni di bagian OPAC.

Kesempatan dalam Magang ini tidak disia-siakan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan dalam memberikan sistem kerja yang maksimal,

dengan memberikan output sebagai manfaat kepada perpustakaan.

Terlebih lagi penulis memberikan siasat kepada pustakawan agar lebih dekat mengenal Library Automation / Otomasi Perpustakaan,

dengan pengenalan tersebut di harapkan para siswa maupun guru pengguna sistem otomasi tersebut mengerti dan mengenal sistem tersebut.

Diharapkan juga setelah adanya produk yang dipasang yakni Inlislite,

Ada kemudahan yang didapatkan dari sistem otomasi tersebut yang dapat mengakomodir kebutuhan pengguna perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Taman.

***

Penulis : Akhmal Wahyu Setyawan