Mahasiswa D3 Perpustakaan Melakukan Kegiatan Bisnis LIB-CARE di SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Mahasiswa D3 Perpustakaan UNAIR menawarkan produk bisnis bidang perpustakaan, yakni jasa pengelolaan perpustakaan kepada SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Dalam proses belajar-mengajar di sekolah peran buku sangat diperlukan sebagai alat pembelajaran. Semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan membuat berbagai informasi baru akan hadir dan kebutuhan para guru maupun siswa juga bertambah. Guru maupun siswa harus sadar bahwa didalam proses belajar tidak hanya cukup menggunakan 1 buku saja sebagai bahan ajar. Perlu adanya pengolahan bahan koleksi perpustakaan yang membutuhkan keterampilan khusus. Oleh karena itu, berawal dari adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas perpustakaan yang ada di lingkungan sekitar terutama di perpustakaan sekolah dan taman baca masyarakat, LIB CARE hadir untuk mempermudah pekerjaan pustakawan sekolah mengatur dan menata susunan koleksi agar pencarian informasi di perpustakaan sekolah dapat terlaksana dengan lancar, baik dan tepat sesuai dengan kebutuhan para siswa maupun guru

LIB CARE

Bisnis ini dikenal dengan nama LIB CARE yang berfokus pada pengadaan bahan pustaka, pengembangan bahan pustaka, dan pengolahan bahan pustaka. Memiliki paket yang beragam terdiri dari kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, preservasi dan shelving.

LIB CARE memiliki slogan “Lib-Care? Care with us” dan memiliki tagline #LibCare-InAja yang bertujuan mengajak calon pembeli untuk tertarik mengelola perpustakaannya dan percaya dengan bisnis yang terbilang baru merintis ini. Selain itu, LIB-CARE juga memberikan harga khusus untuk SD Muhammadiyah 4 Surabaya sebagai pelanggan pertama. SD Muhammadiyah 4 Surabaya akan menjadi testimoni awal sekaligus memperkenalkan bisnis baru ini.

LIB CARE memiliki ciri khas yang dapat menjadi sebuah pembeda dengan bisnis yang serupa, yakni gratis sesi konsultasi. Dalam sesi konsultasi ini membebaskan calon pembeli untuk bertanya-tanya mengenai pemesanan. Terkait kebingungan ingin memilih paket yang mana juga akan dilakukan sesi konsultasi gratis ini. Tujuan konsultasi ini yakni agar tim LIB-CARE dapat mengarahkan calon pembeli untuk memilih paket yang terbaik sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh perpustakaannya sehingga paket yang dipilih nantinya dapat terlaksana dengan maksimal dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Pihak SD Muhammadiyah 4 Surabaya menyambut senang dengan kedatangan tim LIB-CARE pada saat menawarkan produk bisnis pengelolaan perpustakaan. Setelah membaca brosur produk dan proposal tim LIB-CARE, pihak SD Muhammadiyah 4 Surabaya setuju dan melakukan konsultasi kepada tim LIB-CARE. Usai berkonsultasi, pihak SD Muhammadiyah 4 meminta tim LIB-CARE untuk mengelola bahan pustaka dengan kondisi belum memiliki label buku, belum diklasifikasi, dan belum diletakkan  ke dalam rak buku. Kegiatan bisnis dilakukan pada hari Rabu, 10 Mei 2023 hingga hari Jum’at, 19 Mei 2023.

Promosi LIB-CARE

Selain menawarkan secara offline, tim LIB-CARE juga mempromosikan produk bisnis ini melalui instagram @lib.careid Di platform ini memiliki link khusus yang ada di bio instagram untuk melakukan pemesanan dan juga menampilkan harga paket yang kami tawarkan. Untuk sesi konsultasi gratis dapat dilakukan secara online dengan menghubungi nomer yang tertera pada poster di postingan instagram LIB-CARE.

Setelah melakukan bisnis di perpustakaan SD Muhammadiyah 4, tim LIB-CARE juga telah membuat video pelaksanaan kegiatan & video testimoni dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya sebagai bukti nyata kinerja bisnis yang telah dilakukan oleh tim LIB-CARE agar calon pelanggan selanjutnya dapat melihat dan menilai kegiatan dari bisnis ini hingga menjadi yakin dan tertarik untuk memesan jasa pengelolaan perpustakaan yang dilakukan oleh tim LIB-CARE. Selain itu, LIB-CARE nantinya akan mengajak kerja sama dengan dengan penerbit buku untuk mempermudah proses pengadaan koleksi dan toko ATK. Hal tersebut dilakuksn untuk memasok barang-barang yang diperlukan tim LIB-CARE dalam melaksanakan kegiatan bisnis pengelolaan perpustakaan.

Tim LIB-CARE terdiri dari Yuni Kurniasari sebagai CEO, Anny Sabilatus Syarifah sebagai Manajer Produk, Talenta Rahadya Iswananda sebagai Manajer Pemasaran, Ainur Rifdah Zaizafun Adinda sebagai Desainer Produk, dan Briyan Arfanda sebagai Manajer Penjualan

Penulis : Ainur Rifdah